HARI – 19

Kegiatan Posyandu pada hari sabtu, 13 Maret 2021

Menghadapi  pandemi  covid – 19 yang belum berakhir, para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tetap semangat untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata. Dimana Kuliah Kerja Nyata kali ini berbeda dengan sebelumnya karena masih ada covid – 19, pembagian kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) pun dibagi dengan domilisi terdekat di desa atau kelurahannya masing – masing. Salah satunya adalah Kelompok 58 yang melaksanakan KKN di Kelurahan Gedang, pagi tadi mereka mendampingi Program Kelurahan yaitu Posyandu untuk menimbang dan memberi suntik imunisasi kepada para bayi dan balita di RW 01 Kelurahan Gedang bersama bidan dan ibu-ibu posyandu. Meskipun ada covid – 19 ini bayi dan balita tidak takut ditimbang dan di imunisasi dengan tetap menjalankan Program 5M agar tumbuh kembang tetap tepantau tiap bulan “harapan bidan kepada masyarakat Kelurahan Gedang. Ibu -ibu posyandu juga menilai bahwa teman – teman Kelompok KKN – P 58 sudah baik dan cepat dalam hal pembantuan di Posyandu, tapi mereka juga berharap teman -teman KKN ini tetap semangat dan berdoa agar terhindar dari segala macam virus dan penyakit.

Kegiatan Penanaman Biopori Di TK Darmawanita dan Rt 13

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh kelompok KKN-P kami yaitu melakukan kegiatan kerja bakti Penanaman Biopori. Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata memulai penanaman Biopori dan kerja bakti pada pagi hari ini di TK Dharma wanita dan Kelurahan Gedang tepatnya di RT. 13 RW. 04 pada hari Sabtu tanggal 13 Maret 2021. Dengan menyiapkan 4 biopori yang sudah dilubangi dengan bor, Kelompok KKN – P 58 langsung gerak cepat setelah penyuluhan untuk menuju daerah –daerah sekitar Kelurahan Gedang yang rawan banjir ataupun genangan air hujan yang tidak surut. Penanaman pertama dengan 2 biopori dilakukan oleh Kelompok KKN – P 58 di TK Dharma Wanita yang halamannya memang sulit untuk surutnya air sampai tanah di TK Dharma Wanita menjadi tergolong tanah basah.

Penanaman kedua dengan 2 biopori dilakukan di daerah RT 13 RW 04 di Kelurahan Gedang, setelah melakukan penyuluhan pada hari Kamis 11 maret 2021 pak RT memberitahukan bahwa daerah yang rawan tergenangnya air hujan di depan Rumah Alm. Bapak Khoiri. Meskipun dengan terik matahari yang cukup panas, Kelompok KKN – P 58 tidak mengeluh begitu saja demi kebaikan. Mereka pun mendapat respon positif, “Penanaman Biopori ini tergolong ide yang bagus dari Kelompok KKN – P 58 guna meminimalisir terjadinya banjir ataupun air menggenang di daerah RT 13 RW 04 ataupun di daerah Gedang lainnya, semoga apa yang di lakukan oleh Kelompok KKN – P 58 ini ada manfaatnya.” ujar bapak Soenaryo selaku Ketua RT 13 RW 04 Kelurahan Gedang.