HARI – 28

Kegiatan hari selasa, 23 Maret 2021

Kegiatan Pembuatan cuci tangan otomatis pada masa pandemi covid-19 yang di ide kan oleh salah satu teman kami yang berasal dari Jurusan Teknik Elektro yaitu Musa Mahmud.


Hal pertama yang dilakukan kelompok KKN-P kami terutama merancang alat cuci tangan otomatis tersebut yang berguna untuk mencuci tangan tanpa menyentuh kran air pada saat masa pandemik COVID -19 sekarang ini, dengan adanya alat cuci tangan otomatis tersebut merupakan salah satu cara sederhana dan biaya yang tidak mahal dan sangat mudah untuk dirakit. apabila dengan proses yang manual untuk cara mencuci tangan yaitu ketika kita hendak mencuci maka kita telebih dahulu harus memutar knop kran air dan sesudah mencuci tangan pun harus menutup ulang dengan cara memutar knop kran air yang keluar. dengan membuat alat cuci tangan yang otomatis maka kita semua mencuci tangan tanpa menyentuh knop air.

“Cara kerja dari alat cuci tangan tersebut sensor PIR mendeteksi melalui adanya gerakan tangan, apabila terdapat gerakan tangan maka sensor PIR mendeteksi dengan sendirinya dengan memberikan sinyal LC ULN2003 Dan selanjutnya akan mengaktifkan relay, relay yak aktif itu akan membuat kontak relay berpindah posisi, sehingga pompa air dapat bekerja dengan sendirinya dengan cara mengeluarkan air sampai tidak adanya gerakan tangan lagi di bawah sensor yang dibaca oleh sensor PIR itu. Akan tetapi apabila tidak ada gerakan tangan yang bergerak dibawah sensor otomtis itu, maka sensor PIR tidak akan memberikan sinyal ke IC ULN2003. air yang disediakan untuk mencuci tangan otomatis tersebut ditaruh pada suatu wadah yang cukup besar sehingga bisa dimanfaatkan dengan sejumlah orang yang cukup banyak, dan untuk kecepatan air itu sendiri tergantung dengan pompa air yang digunakan, dan untuk masalah air bisa menggunakan air biasa maupun air yang memiliki kandungan pembersih kuman dan sebagainya”. Ujar Kang Musa.

Kegiatan kelompok kami hari ini yaitu penutupan pembelajaran mengaji di TPQ KHALIMAH dan PANTI SA’ADATUDDAROINI Pukul 16.00 Sore. dengan mengintruksikan para santri yang ada di TPQ maupun Santri yang ada di Panti dengan mengintruksikan kepada mereka untuk membuat kesan dan pesan selama pembelajaran yang sudah di berikan oleh kakak kakak tim KKN-P Kami, yaitu dengan mengungkapkan perasaan mereka bagiamana perasaan yang ada pada adik adik santri selama proses belajar mengajar bersama kakak KKN baik itu perasaan senang atau gembira maupun adanya perasaan tidak suka dengan mengungkapkan melalui tulisan selembar kertas yang akan diberikan oleh tim KKN.